Thursday, 26 February 2015

The Miracle of Enzym by Hiromi Sinya, MD


Salah satu resolusi saya tahun 2015 ini adalah untuk mencoba untuk hidup lebih sehat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu saya memulainya dengan membaca buku kesehatan yang telah menjadi Best Seller sejak terbit yaitu buku The Miracle of Enzym by Hiromi Sinya, MD. (yang penting baca dulu, aplikasinya menyusul.. hehehe ^^)

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman puluhan tahun Dokter Hiromi Sinya, MD sebagai Dokter spesialis bedah usus. Jadi dia telah melihat ribuan tipe usus dan hubungan kondisi usus seseorang dengan pola makannya. Semua kebiasaan yang diceritakan pada buku ini juga telah dipraktekan oleh Dokter Hiromi Sinya sendiri dan terbukti dia tidak pernah jatuh sakit sejak berusia belasan tahun sampai sekarang. Hal ini juga dipraktekan kepada pasiennya yang sakit kangker usus dan hampir semunya tidak ada yang kangkernya kambuh kembali. Keren yaa.. hehehe.. 


 Yang paling utama dibahas disini adalah setiap orang mempunyai berbagai macam enzim yang  berfungsi dalam tubuh. Dengan kita menjaga pola makanan, pola istirahat kita akan meningkatkan fungsi enzim di dalam tubuh sehingga tubuh mampu melakukan penyembuhan atas diri sendiri.

Dari sekian banyak informasi yang disuguhkan pada buku ini, saya akan menceritakan tiga hal sederhana untuk memulai hidup sehat. Seperti kata pepatah, mulailah dari hal yang kecil dan mulailah hari ini. Berikut adalah 3 hal kecil dan mudah yang dapat kita lakukan untuk dapat memulai hidup sehat, saking  mudahnya maka kita tidak akan mengatakan “Tidak” atau “Nanti” pada kebiasaan-kebiasaan berikut :

 
1.      Mengunyah Makanan Lebih Lama
Pada tubuh manusia, kelenjar saliva mengeluarkan banyak air liur seiring semakin banyaknya seseorang mengunyah. Air liur dapat bercampur baik dengan asam lambung dan air empedu, sehingga proses pencernaan berlangsung lebih lancar. Oleh karena itu, selain untuk melembutkan makanan, mengunyah berfungsi untuk memaksimalkan fungsi enzim sehingga penyerapan makanan dapat lebih maksimal. Dengan mengunyah lebih lama, maka kita juga akan cepat merasa kenyang karena makanan terserap lebih baik. Salah satu keuntungan lainnya adalah Anda pun tidak perlu bersusah payah melakukan diet karena rasa kenyang otomatis mengurangi porsi makan berlebih yang tidak sehat. Mengunyah makanan yang disarankan adalah minimal 30 kali, atau 70 kali apabila makanan tersebut lebih keras.

2.      Merubah kebiasaaan Minum
Pada buku ini dijelaskan bahwa jangan minum saat sedang makan, karena dapat memperberat kerja lambung. jadi lebih baik minum 2 jam sebelum makan.  Termasuk juga dia tidak merekomendasikan susu karena sebeneranya kita tidak membutuhkan susu. Hanya manusia makluk yang masih mengkonsumsi susu di usia dewasa. Jadi direkomendasikan untuk menghentikan meminum susu dan segala derivasi dari susu (coklat susu, mentega, yoghurt, dll). 

3.      Berbahagialah
Dari sekian banyak tips yang diberikan pada buku ini, Dr Hiromi Sinya menyampaikan bahwa yang paling utama adalah menjalani semuanya dengan bahagia, bahkan walau kita harus sesekali tidak mempraktekan yang disarankan pada buku ini. Karena dengan kita berbahagia, itu kan membantu tubuh untuk kembali memproduksi enzim-ensim yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Sebenarnya masih banyak tips lain yang disampaikan pada buku ini, seperti untuk mengurangi makanan yang digoreng, menghindari nasi putih dan menggantinya dengan karbohidrat lainnya, rajin mengkonsumsi kacang-kacangan yang kaya akan protein, istirahat yang cukup dan banyak tips-tips lainnya.

Reaksi:

2 comments:

  1. setuju bgt sama yg no 3... saya klo lg bnyk pikiran, daya tahan tubuh lgsg lemah, alergi kambuh deh...
    jd pgn baca juga...

    ReplyDelete
  2. Emank ngaruh bgd ternyata kondisi emosi gt ya teh, soalnya makin kita bahagia bakal memicu produksi enzim yg dibutuhkan.. Hehehe..

    ReplyDelete